Makanan Sehat

Makanan Sehat
ini lo teman-teman menu makanan sehat

Rabu, 22 Juni 2011

VEGETARIAN DAN TEKANAN DARAH


Akhir-akhir  ini iman ku sebagai vegan  goyah bahkan hampir putus asa.  Tepatnya  tadi malam pada suatu majlis mengadakan yasinan bersama dan diakhiri dengan makan-makan ayam kremes. Waduwh   gak nguatin baget dong kalo aku gak turut nimbrung menyantap. Sebenarnya sedih juga sih kalo mengingat kejadian tadi malam , namun aku punya alasan lain kenapa aku ikut berpartisipasi saat itu. Perasaan lemas, pusing dan sering kram itu yang membuatku ingin mengakhiri hidupku sebagai vegan setelah kurang lebih satu tahun ku pertahankan. Setelah  saya baca artikel dalam suatu blog (http://bayivegetarian.com) yang mengatakan bahwa tak ada hubungannya vegan dengan tekanan darah rendah. Disinilah  aku mendapatkan pencerahan. Apakah benar sih???? Berikut yang disampaikan dokter Virya Liputra.
Normal tekanan darah setiap orang berbeda, untuk memastikan bahwa tekanan darah turun harus diketahui tekanan darah sebelumnya. Walaupun dikatakan tekanan darah normal itu 110-120 mmHg, namun tekanan darah di bawah batas tersebut tidak berarti suatu kelainan bila tidak disertai dengan peningkatan denyut nadi dan timbulnya gangguan lain. Seperti kita ketahui tekanan darah seorang olah ragawan bisa hanya mencapai 80 mmHg dan itu merupakan tekanan darah normal mereka, bahkan bila tekanan mereka yang biasanya 80 mmHg tiba-tiba menjadi 120 mmHg maka dikatakan mereka telah bertekanan darah tinggi. Tekanan darah rendah sama sekali tidak ada hubungannya dengan perubahan pola makan dari hewani ke nabati. Bahkan dengan komsumsi produk hewani pada waktunya akan menyebabkan peningkatan tekanan darah yang jauh lebih beresiko dibandingkan dengan yang dikatakan sebagai tekanan darah rendah. Perasaan pusing tidak selalu disebabkan oleh adanya gangguan penyakit, tetapi juga dapat disebabkan oleh keadaan psikis/pikiran seseorang, kemungkinan perasaan pusing setelah menjadi seorang vegetarian disebabkan oleh psikis saja karena sebelumnya telah tertanam di benaknya bahwa seorang vegetarian itu akan kekurangan gizi sehingga tekanan darahnya rendah. Padahal tidak ada hubungannya sama sekali atau mungkin juga karena tubuh belum terbiasa dengan perubahan tersebut. Sama seperti seorang pecandu rokok yang mengatakan merasa lemas atau tidak bisa konsentrasi bekerja bila tidak merokok, bukan tidak bisa untuk konsentrasi tetapi masalahnya adalah bahwa pikirannya itu terfokus kepada rokok, bagaimana untuk konsentrasi pada pekerjaan? Dan juga tubuh belum terbiasa dengan “tanpa rokok” sehingga timbul bermacam-macam perasaan tidak enak pada tubuh. Namun semua ini akan hilang sejalan dengan waktu dan manfaatnya akan terasa. Jadi jangan terlalu khawatir dengan perasaan pusing dan tekanan darah rendah karena dengan diet produk hewani jauh lebih berbahaya dari segi kesehatan, merusak alam/lingkungan, dan bertentangan dengan sifat welas asih kita sebagai manusia. Mudah- mudahan sedikit informasi ini bisa diterima oleh teman-teman kita yang baru memulai diet vegetarian.
Nah sekarang aku gak khawatir lagi untuk tetap menjadi vegan sejati. Anggap saja kejadian tadi malam hanya musibah, sebenarnya berkah juga kaliiii,,,heheheh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar